Pengertian, Macam, Jenis dan Manfaat Sumber Belajar bagi Peserta Didik

 Essay Kecil MPI Pert 11

Pengertian, Macam, Jenis dan Manfaat Sumber Belajar bagi Peserta Didik

Pengertian Sumber Belajar

Secara umum pengertian sumber belajar adalah semua bahan yang dapat memberikan informasi baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dipakai peserta didik dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan belajar atau kompetensi tertentu.

Macam-macam Sumber Belajar

Menurut Asosiasi Teknologi Komunikasi Pendidikan (AECT), sumber belajar adalah semua sumber (baik berupa data, orang atau benda) yang dapat digunakan untuk memberi fasilitas (kemudahan) belajar bagi siswa. Sumber belajar itu meliputi pesan, orang, bahan, peralatan, teknik dan lingkungan/latar.

Berdasarkan asal usulnya, sumber belajar terbagi menjadi 2 yakni :

  • Sumber belajar yang dirancang (learning resources by design) yaitu sumber belajar yang memang sengaja dibuat untuk tujuan pembelajaran. Contohnya adalah : buku pelajaran, modul, program audio, transparansi (OHT).
  • Sumber belajar yang sudah tersedia dan tinggal dimanfaatkan (learning resources by utilization), yaitu sumber belajar yang tidak secara khusus dirancang untuk keperluan pembelajaran, namun dapat ditemukan, dipilih dan dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Contohnya: pejabat pemerintah, tenaga ahli, pemuka agama, olahragawan, kebun binatang, waduk, museum, film, sawah, terminal, surat kabar, siaran televisi, dan masih banyak lagi yang lain.

Jenis - jenis sumber belajar pada umumnya seperti :

  • Pesan: informasi, bahan ajar; cerita rakyat, dongeng, hikayat, dan sebagainya;
  • Orang: guru, instruktur, siswa, ahli, nara sumber, tokoh masyarakat, pimpinan lembaga, tokoh karier dan sebagainya;
  • Bahan: buku, transparansi, film, slides, gambar, grafik yang dirancang untuk pembelajaran, relief, candi, arca, komik, dan sebagainya;
  • Alat/ perlengkapan: perangkat keras, komputer, radio, televisi, VCD/DVD, kamera, papan tulis, generator, mesin, mobil, motor, alat listrik, obeng dan sebagainya;
  • Pendekatan/ metode/ teknik: disikusi, seminar, pemecahan masalah, simulasi, permainan, sarasehan, percakapan biasa, diskusi, debat, talk shaw dan sejenisnya;
  • Lingkungan: ruang kelas, studio, perpustakaan, aula, teman, kebun, pasar, toko, museum, kantor dan sebagainya.

Sedangkan menurut Rohani, pembagian sumber belajar antara lain meliputi:

  • Sumber belajar cetak: buku, majalah, ensiklopedi, brosur, koran, poster, dan denah.
  • Sumber belajar non cetak: film, slide, video, model, boneka, dan audio kaset.
  • Sumber belajar yang berupa fasilitas: auditorium, perpustakaan, ruang belajar, meja belajar individual (carrel), studio, lapangan dan olahraga.
  • Sumber belajar yang berupa kegiatan: wawancara, kerja kelompok, observasi, simulasi, dan permainan.
  • Sumber belajar yang berupa lingkungan : taman dan terminal.

Manfaat Sumber Belajar

Menurut Rohani manfaat sumber belajar antara lain meliputi:

  • Memberikan pengalaman belajar secara langsung dan konkret kepada pesert didik
  • Dapat menyajikan sesuatu yang tidak mungkin diadakan, dikunjungi atau dilihat secara langsung dan konkret
  • Dapat menambah dan memperluas cakrawala sajian yang ada di dalam kelas
  • Dapat memberi informasi yang akurat dan terbaru
  • Dapat membantu memecahkan masalah pendidikan (instruksional) baik dalam lingkup mikro maupun makro
  • Dapat memberi informasi yang positif, apabila diatur dan direncanakan pemanfaatannya secara tepat
  • Dapat merangsang untuk berpikir, bersikap dan berkembang lebih lanjut.

Komentar