Continuous Improvement Jabatan Guru : Lesson Study sebagai Implementasi Continuous Improvement
Esaay Kecil Etprof Pert 11
Pengertian dari
Continuous Improvement Jabatan Guru
Menurut penjelasan dari (Rusdi, 2018) Continous
improvement adalah konsep perbaikan atau perningkatan diri secara berkelanjutan
dengan mendapatkan perhatian penuh. Konsep continuous
Improvement berarti bahwa pengelola senantiasa melakukan perbaikan
dan peningkatan secara terus-menerus untuk menjamis semua komponen
penyelenggaraan pendidikan dapat mencapai standar mutu yang telah ditetapkan
serta institusi pendidikan memperbarui proses berdasarkan kebutuhan dan
tuntutan(Muslimin, 2017). Sistem ini mendukung dalam pengembangan keterampilan
dan pengetahuan dalam melakukan suatu perbaikan. Continous improvement adalah
sebuah proses yang mempunyai tujuan untuk mengoptimalkan informasi, arus dan
produk agar dapat dikendalikan, atau sebuah rutinitas untuk membantu sebuah
oraganisasi memperbaiki apa yang saat ini dilakukan. Countinuous Improvement
adalah cara yang sangat efektif dalam organisasi untuk meningkatkan kinerja,
efisiensi, kualitas dan daya saing apalagi dalam dunia pendidikan yang harus
disesuaikan dengan perkembangan teknologi yang bergitu pesat. Komitmen dalam
mengembangkan solusi ilmiah secara kuantitatif, praktis, dan meraih
keberhasilan. Maka dari itu dengan adanya Countinuous Improvement ini
diharapkan dapat menjadi sebuah stimulus untuk dapat meraih tujuan dari
pendidikan.
Pengertian Lesson Study sebagai
Implementasi Continuous Improvement
Lesson study berasal dari bahasa Jepang
(jugyokenkyu) yang diartikan sutau proses sistematik yang digunakan oleh
pendidik Jepang untuk menguji keefektifan pembelajarannya guna meningkatkan
hasil belajar. Lesson studydapat didefiniskan sebagai suatu model
pembinaan profesi untuk pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara
kolaboratif dan berkelanjutan yang berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas
yang saling membantu dalam belajar untuk membangun komunitas
belajar (Sumani, 2000).Lesson study dapat disebut sebagai model atau
strategi in-service training yang berfokus pada upaya pemberdayaan
pendidik sesuai dengan kemampuan serta permasalaha yang dihadapi
oleh masing-masing pendidik (Syafruddin, 2015).
Tahapan Lesson Study sebagai
Implementasi Continuous Improvement
Terdapat tahapan-tahapan dalam Lesson
study yang diungkapkan oleh Bill Cerbin dalam artikel
Syafruddin (Syafruddin, 2015) antara lain:
1. Form a team:
dalam tahapan ini guru yang bersangkutan akan membentuk tim sebanyak 3-6 orang
dengan pihak lain yang kompeten dan memiliki kepentingan dengan lesson
study.
2. Develop student
learning: tahap ini, bersama anggota tim mendiskusikan apa yang akan diajarkan
pada lesson study.
3. Plan the
research lesson: guru-guru yang tergabung lesson studyakan mendesain
pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran dan mengantisipasi siswa akan
berproses.
4. Gather evidence
of student learning: salah seorang guru melakukan pembelajaran dan yang lainnya
akan mengamati dan mengumpulkan bukti pembelajaran dari siswa.
5. Analyze evidence
of learning: tahap ini, tim berdiskusi mengenai hasil dan menilai kemajuan
dalam ppencapaian tujuan belajar siswa.
6. Repeat the
process: kelompok lesson study merevisi pembelajaran dan mengulang
tahapan-tahapan mulai tahapan 2 sampai dengan tahapan 5 kemudian tim akan
melakukan sharing bersama teman-teman yang ada.
DAFTAR RUJUKAN
Muslimin. (2017). Implementasi Continuous Improvement
sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru SDIT Mutiara Hari Purwareja Klampok
Banjarnegara. In Digital RepostorYyInstitut Agama Islam Negeri
Purwokerto (Vol. 53, Issue 9).
Rusdi, R. (2018). Continues Improvement Sebagai Upaya
Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pedesaan. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen
Pendidikan Islam, 2(2), 150–160.
Syafruddin, S. (2015). Meningkatkan Kompetensi
Pedagogi Guru Melalui Lesson Study Menuju Mutu Pembelajaran Guru. Jurnal
Pendidikan Fisika, 3(2), 43–59. https://doi.org/10.24127/jpf.v3i2.272
Komentar
Posting Komentar