Continuous Improvement Jabatan Guru : Lesson Study sebagai Implementasi Continuous Improvement

 Esaay Kecil Etprof Pert 11

Pengertian dari Continuous Improvement Jabatan Guru

Menurut penjelasan dari (Rusdi, 2018) Continous improvement adalah konsep perbaikan atau perningkatan diri secara berkelanjutan dengan mendapatkan perhatian penuh. Konsep continuous Improvement  berarti bahwa pengelola senantiasa melakukan perbaikan dan peningkatan secara terus-menerus untuk menjamis semua komponen penyelenggaraan pendidikan dapat mencapai standar mutu yang telah ditetapkan serta institusi pendidikan memperbarui proses berdasarkan kebutuhan dan tuntutan(Muslimin, 2017). Sistem ini mendukung dalam pengembangan keterampilan dan pengetahuan dalam melakukan suatu perbaikan. Continous improvement adalah sebuah proses yang mempunyai tujuan untuk mengoptimalkan informasi, arus dan produk agar dapat dikendalikan, atau sebuah rutinitas untuk membantu sebuah oraganisasi memperbaiki apa yang saat ini dilakukan. Countinuous Improvement adalah cara yang sangat efektif dalam organisasi untuk meningkatkan kinerja, efisiensi, kualitas dan daya saing apalagi dalam dunia pendidikan yang harus disesuaikan dengan perkembangan teknologi yang bergitu pesat. Komitmen dalam mengembangkan solusi ilmiah secara kuantitatif, praktis, dan meraih keberhasilan. Maka dari itu dengan adanya Countinuous Improvement ini diharapkan dapat menjadi sebuah stimulus untuk dapat meraih tujuan dari pendidikan.

Pengertian Lesson Study sebagai Implementasi Continuous Improvement

Lesson study berasal dari bahasa Jepang (jugyokenkyu) yang diartikan sutau proses sistematik yang digunakan oleh pendidik Jepang untuk menguji keefektifan pembelajarannya guna meningkatkan hasil belajar. Lesson studydapat didefiniskan sebagai suatu model pembinaan profesi untuk pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan yang berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas yang saling membantu dalam belajar untuk membangun komunitas belajar (Sumani, 2000).Lesson study dapat disebut sebagai model atau strategi in-service training yang berfokus pada upaya pemberdayaan pendidik sesuai dengan kemampuan serta permasalaha  yang dihadapi oleh masing-masing pendidik (Syafruddin, 2015).

Tahapan Lesson Study sebagai Implementasi Continuous Improvement

Terdapat tahapan-tahapan dalam Lesson study yang diungkapkan oleh Bill Cerbin dalam artikel Syafruddin (Syafruddin, 2015) antara lain:

1.      Form a team: dalam tahapan ini guru yang bersangkutan akan membentuk tim sebanyak 3-6 orang dengan pihak lain yang kompeten dan memiliki kepentingan dengan lesson study.

2.      Develop student learning: tahap ini, bersama anggota tim mendiskusikan apa yang akan diajarkan pada lesson study.

3.      Plan the research lesson: guru-guru yang tergabung lesson studyakan mendesain pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran dan mengantisipasi siswa akan berproses.

4.      Gather evidence of student learning: salah seorang guru melakukan pembelajaran dan yang lainnya akan mengamati dan mengumpulkan bukti pembelajaran dari siswa.

5.      Analyze evidence of learning: tahap ini, tim berdiskusi mengenai hasil dan menilai kemajuan dalam ppencapaian tujuan belajar siswa.

6.      Repeat the process: kelompok lesson study merevisi pembelajaran dan mengulang tahapan-tahapan mulai tahapan 2 sampai dengan tahapan 5 kemudian tim akan melakukan sharing bersama teman-teman yang ada.


DAFTAR RUJUKAN

Muslimin. (2017). Implementasi Continuous Improvement sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru SDIT Mutiara Hari Purwareja Klampok Banjarnegara. In Digital RepostorYyInstitut Agama Islam Negeri Purwokerto (Vol. 53, Issue 9).

Rusdi, R. (2018). Continues Improvement Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pedesaan. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 150–160.

Syafruddin, S. (2015). Meningkatkan Kompetensi Pedagogi Guru Melalui Lesson Study Menuju Mutu Pembelajaran Guru. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 43–59. https://doi.org/10.24127/jpf.v3i2.272

Komentar